-->
9 Cara Mengatasi Komputer Lambat Loading

Sebelum saya mengembangkan dengan anda tiruana melalui postingan ini, saya ingin menceritakan sedikit terkena pengalaman saya selama memakai komputer sampai pada jadinya komputer yang saya miliki menjadi LALO alias lambat loading.
Awalnya sih saya menganggapnya biasa-biasa aja,tapi usang kelabuaan saya merasa jengkel juga jikalau saya buka komputer terus loadingnya usang membuanget.

Usut punya usut saya mencari tahu dari beberapa mitra terkena permasalahan yang saya hadapi ini.
Menurut mitra sih katanya efek virus,ada juga katanya terlalu banyak data yang disimpan.
Karena saya tidak puas dengan jawabanan tersebut meskipun sebetulnya sih emang ada benarnya, Akhirnya saya mencari tahu dari beberapa sumber termasuk juga saya bertanya kepada mbah saya yaitu mbah google.dari situ saya menerima beberapa gosip terkena cara-cara mengatasi komputer yang sering lalo.
Oleh lantaran itulah saya menulis artikel ini sekaligus ingin mengembangkan pada teman akrab tiruana terkena cara-cara mengatasi dilema komputer yang sering lalo,

Berikut 9 Penyebab komputer lambat dan cara mengatasinya. 

1. Komputer lambat lantaran belum sempurnanya Memory 
Masalah komputer lambat lantaran minimnya RAM yang terpasang ialah hal yang umumnya sudah diketahui oleh tiruana pengguna komputer. 

Untuk itu cobalah cek kapasitas memory yang terpasang, untuk komputer sekelas Intel Pentium 4 dengan OS Windows XP dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi minimal 2 GB. Bagi yang ingin membeli komputer atau laptop gres saya masukankan untuk memakai Processor sekelas Intel Core i5, RAM minimal 4 GB dengan sistem operasi Windows 7 64 bit.

2. Komputer lambat lantaran terlalu banyaknya kegiatan yang terinstall.
Secara eksklusif saya sering menemukan komputer terutama milik eksklusif yang di-install majemuk kegiatan didalamnya, padahal aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dipakai sama sekali.

Periksalah kegiatan apa saja yang terinstall dikomputer dengan cara klik Add/Remove Programdi Control Pgual dan un-install program-program yang spesialuntuk menjadi "accesories" tersebut. 

3. Komputer lambat lantaran terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan.
Hal ini berkaitan dengan point no 2, semakin banyak kegiatan yang terinstall, semakin banyak pula kegiatan dan service yang akan dijalankan saat windows startup. 

Untuk menonaktifkan startup kegiatan dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada hidangan run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.



4. Komputer lambat lantaran terlalu banyak kegiatan yang berfungsi sebagai "security program"
Security kegiatan menyerupai kegiatan antivirus dan firewall ialah aplikasi aksesori yang harus ada pada komputer, tetapi tidakbolehlah terlalu berlebihan contohnya dengan menginstall 2-3 kegiatan antivirus sekaligus.

Untuk dilema security windows, yang terpenting ialah lakukan update, aktifkan windows firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani komputer menyerupai contohnya Avast Antivirus serta berhati-hatilah saat memakai USB Flashdisk / Memory Card.

5. Komputer lambat lantaran dilema pada hardisk

Hardisk ialah komponen kedua setelah RAM yang sanggup menjadikan komputer menjadi lambat. Masalah Komputer lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya karena:
- hardisk low space
- hardisk yang terfragmentasi
- hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
- hardisk error / bad sector

Teknik mengatasi komputer lambat lantaran dilema pada hardisk diatas adalah:
- upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau ganti hardisk
- lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
- hindarkan hardisk dari debu, goncangan dan gerah berlebih.

Apabila Anda memiliki budget lebih, saya masukankan untuk mengganti hardisk yang terpasang dengan SSD (Solid State Drive).

6. Komputer lambat lantaran adanya virus, malware atau spyware pada komputer.
Apabila komputer kita sudah terlebih lampau terjangkit virus atau malware, maka sebaiknya jalankan windows safe mode , matikan fasilitas system restore dan gunakanlah kegiatan anti virus menyerupai smadav atau yang lainnya  untuk memmembersihkankan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.



7. Komputer lambat lantaran System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang.
Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Solusi yang paling simpel ialah dengan merepair sistem operasi yang digunakan.

8. Komputer lambat lantaran dilema hardware overheat.
Hardware overheat baik itu terjadi pada hardisk, vga card, processor atau cpu secara umum sanggup menjadikan menurunnya kinerja komputer yang pada jadinya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan  sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada belahan dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus membersihkan dari debu dan sanggup berputar dengan lancar.

9. Komputer lambat lantaran adanya dilema konektifitas pada jaenteng / network

Hal ini sanggup terjadi lantaran trafic jaenteng yang tinggi, hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita. Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN, restart Switch / hub dan gunakan kegiatan Port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari komputer kita. 

Mungkin itu saja yang sanggup saya bagikan kepada anda tiruana,
Semoga artikel diatas sanggup bermanfaa bagi anda yang membutuhkannya.

LihatTutupKomentar